Ahli Bedah Tulang dan Lutut dari Jerman Beri Pelatihan di RSON

  • Kamis, 04 Mei 2017

KANALNEWS.co, Jakarta – Rumah Sakit Olahraga Nasional (RSON) yang terletak di Cibubur Jambore Jakarta Timur mendapat tamu spesial dokter ahli bedah Ortopedi dan Artroskopi (pembedahan lubang kunci) serta fisioterapi dari Jerman.

Direktur Utama RSON Dr Basuki Supartono Sp OT FICS MARS menjelaskan kehadiran Dr Med Dieter Knapp yang merupakan ahli Ortopedi dan ahli Artroskopi adalah untuk meningkatkan komptensi dokter serta staff rumah sakit.

“Pelatihan ini untuk lebih meningkatkan kompetensi dokter dan sraff medis kami. Dr Med Dieter Knapp adalah ahli dalam bidang meniskus dengan prosedur yang relatif sederhana, yang dapat dilakukan melalui pembedahan artroskopi lutut dan dapat dilakukan sebagai prosedur pasien rawat jalan (bedah rawat jalan), sehingga pasien akan pulang pada hari yang sama,” kata Basuki di RSON Jakarta, Rabu (3/5/2017).

simulasi bedah RSON

RSON adalah rumah sakit berbasis sport science yang mempelajari bagaimana tubuh bekerja selama latihan, dan bagaimana olahraga serta aktivitas fisik dapat meningkatkan kesehatan dengan menggabungkan bidang fisiologi latihan, anatomi, biomekanik, dan kinesiology.

Rumah sakit yang berada di bawah naungan Kementerian Pemuda dan Olahraga dalam kompleks olimpic Center berdiri untuk menjaga kesehatan olahragawan, khususnya olahragawan yang sudah berprestasi. Terutama atlet yang berada di bawah naungan Satuan Program Indonesia Emas (PRIMA) dalam melakoni berbagai event olahraga multi event yang terdekat adalah SEA Games pada 2017 dan Asian Games 2018 yang akan berlangsung di Jakarta dan Palembang.

“Sebagai salah satu rumah sakit rujukan tentunya kami juga akan lebih meningkatkan kapasitas, kualitas dan kompetensi dan kesiapan dokter dan seluruh staff RSON dalam perhelatan Asian Games mendatang,” kata Basuki lebih lanjut.

Pelatihan yang akan berlangsung selama dua minggu dengan menggunakan metode teoeri di dalam kelas dan uji praktek atau simulasi pembedahan di ruang bedah itu menggunakan alat artroskopi. “Pelatihan ini terbagi menjadi dua sesi diskusi evaluasi terapi terkait kasus cedera lutut atlet Prima dari cabang olahraga sepak bola, bulu tangkis, Atletik dan simulasi operasi,” ujarnya.

Selain kehadiran ahli ortopedi dan bedah lutut, RSON juga menghadirkan Mrs Helga ahli Fisioterapi pasca operasi. “Helga ini adalah istri dari Med Dieter. Meski suami istri namun keduanya profesional dan expert dibidangnya masing-masing,” jelas Basuki.

Menurutnya, kerjasama dengan tenaga ahli dari Jerman ini sebelumnya juga pernah terselenggara pada akhir 2016 tentang peningkatan sport science dalam bidang pengukuran kapasitas jantung dan paru diantaranya alat pengukuran VO2Max.

Berbagai fasilitas yang dimiliki oleh RSON diantaranya emergency unit, dentistry, psycologi, radiologi, laboratorium, physiotherapy, apotek, surgery room, opname, CT Scan, MRI, sport science, fitnes centre, dan sauna. Dengan dukungan dokter spesialis orthopaedic, internist, obgyn, pediatric, surgery, pulmo, rehabitation, dan periodontic dentistry.

Selain itu, RSON juga memiliki jogging track, postur body analysis, vacu sports regeneration system, hydro pool, motion analysis system, dan alat mayoline untuk mengukur kemampuan kekuatan maksimal setiap bagian otot.  (Herwan)