ISO 9001:2015 - QS 4955 Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) RSON (Okt-Des 2019) : 87,65 (BAIK) Informasi dan Pendaftaran via WA 081385777769

Harus Bekerja Keras Untuk Menjadi Rumah Sakit Unggulan

  • Kamis, 29 Agustus 2019

Insan olahraga  membutuhkan Rumah Sakit Olahrga Nasional (RSON). Rumah sakit ini dibangun oleh Kemenpora, sebagai rumah sakit khusus untuk atlet. Meskipun masyarakat umum  juga dapat memanfaatkan fasilitas kesehatan ini. Menurut Dr.dr. Nani Cahyani Sudarsono, Sp.KO, Ketua Kolegium Kedokteran Olahraga, atlet memiliki beban dan tanggungjawab yang khusus. Sehingga akan sangat baik sekali kalau ada yang memperhatikan dan peduli dengan kesejahteraan atlet, antara lain yang berkaitan dengan kesehatan atlet.

Jadi, akan sangat bagus bila tersedia rumah sakit  untuk atlet yang memenuhi segala kebutuhan atlet secara khusus.  Dr. Nani menegaskan, bahwa profesi kedokteran olahraga ikut bertanggungjawab untuk memajukan RSON. Untuk itu, perlu dipertimbangkan tentang bagaimana agar kerjasama dengan RSON lebih diperluas, agar gaung  RSON lebih dikenal lagi, Supaya RSON bisa menjadi rumah sakit  rujukan. Kerjasama antara profesi kedokteran olahraga dengan RSON bisa dimulai dengan kerjasama menyelenggarakan acara ilmiah seperti yang sudah dilaksanakan di rumah sakit ini.

Saat ini, RSON harus bekerja keras untuk menjadi rumah sakit unggulan. Antara lain melakukan telaah mengenai apa saja kebutuhan atlet. Tentu saja perlu menjalin kerjasama dengan banyak pihak, antara lain Kolegium Kedokteran Olahraga. Selain itu, rumah sakit ini membuat studi mengenai seperti apa profil keberhasilan rumah sakit ini. Hasil studi tersebut kemudian disampaikan kepada masyarakat. Intinya, rumah sakit ini harus dipromosikan. Dengan cara menampilkan studi – studi tentang RSON. Misalnya studi tentang bagaimana meningkatkan kepatuhan atlet untuk melakukan latihan recovery atau kepatuhan mengikuti jadwal pemulihan dari cederanya. (Ratih Sayidun)