ISO 9001:2015 - QS 4955 Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) RSON (Okt-Des 2019) : 87,65 (BAIK) Informasi dan Pendaftaran via WA 081385777769

MCU Menentukan Program Latihan Atlet

  • Kesehatan
  • Senin, 18 November 2019

Hasil Medical Check Up (MCU) menentukan program latihan yang sesuai untuk atlet. Inilah yang menyebabkan Soepardi, pelatih senior underwater hockey, mengirim 24 atletnya untuk melakukan MCU di Rumah Sakit Olahraga Nasional (RSON) baru baru ini. Sebelumnya mereka mengirimkan surat permohonan MCU untuk atlet, kepada Kemenpora. Kemenpora kemudian menyarankan untuk ke RSON. Maka, sebanyak 12 atlet putri dan 12 atlet putra, yang sedangkan melaksanakan Pelatnas menjelang Sea Games 2019 di Manila, melakukan MCU di rumah sakit yang didirikan oleh Kemenpora ini.

Soepardi mengingatkan, sebelum menentukan dosis latihan, atlet seyogyanya melaksanakan MCU. Tujuannya, untuk mengetahui kondisi dan kekuatan otot atlet secara keseluruhan. Setelah itu, baru dibuat program latihan yang cocok untuk setiap atlet. Untuk lebih meningkatkan pelayanannya, RSON hendaknya membuat standar khusus MCU atlet. Mulai dari apa saja tes fisik yang harus dilakukan, hingga tes khusus sesuai dengan cabang olahraga.

Underwater Hockey adalah olahraga permainan, ada body contact dan dinding kolam renang, tempat atlet berlatih. Tentu berisiko cedera, seperti cedera pergelangan kaki/ankle, bahu dan cedera di persendian di lutut. Selain hasil lengkap MCU, dokter di RSON dapat memberikan informasi mengenai tindak lanjut paska MCU. Misalnya harus ke dokter spesialis apa atau melakukan fisioterapi seperti apa.

Kemudian, pelatih underwater hockey, Reza Anggara mengutarakan pentingnya RSON untuk atlet. Sebagai pendukung kesehatan atlet serta melakukan MCU khusus utuk atlet. Hasil MCU sangat bermanfaat untuk pelatih, terutama untuk merancang program latihan yang tepat sasaran. Pelatih juga jadi mengetahui postur dan fisik atlet, kemungkinan terjadi cedera serta cara pencegahan dan rehalibitasi yang tepat.(Ratih Sayidun)