ISO 9001:2015 - QS 4955

RSON Laksanakan MCU Atlet Asian Games 2018

  • Jumat, 25 Mei 2018

 

Rumah Sakit Olahraga Nasional (RSON) semakin sibuk menjelang perhelatan akbar Asian Games 2018 Agustus mendatang di Jakarta dan Palembang. Apalagi rumah sakit yang didirikan oleh Kementerian Pemuda Olahraga (Kemenpora) ini ditunjuk sebagai salah satu rumah sakit rujukan saat berlangsung Asian Games 2018. RSON juga diberi kepercayaan oleh Kemenpora untuk melaksanakan Medical Check Up (MCU) untuk atlet Indonesia yang akan berlaga di Asian Games 2018.

Menurut dr. Ferdianto, Sp.Ok, PJ Instalasi Dukungan Kesehatan Atlet (DKA) RSON, hingga kini lebih dari 230 atlet dari total sekitar 600 atlet yang telah melakukan MCU di RSON. Para atlet ini berasal dari cabang olahraga handball, sepatu roda dan skateboard, taekwondo, polo air, renang indah dan loncat indah, golf, sepak bola wanita, PPLM sepak bola, modern pentatlon, dan layar. Kedepannya masih banyak atlet yang akan melakukan MCU sesuai dengan permintaan masing-masing cabor ke RSON.

Kedepannya, diharapkan sistem pelaporan hasil MCU dapat dilakukan dengan berbasis komputer. Agar hasil MCU secepatnya dapat diberikan kepada atlet. Ini yang saat ini masih menjadi kendala. Karena sistem pelaporan MCU masih dilakukan secara manual. Jadi input data hasil MCU membutuhkan waktu yang lebih lama. 

MCU dapat mendeteksi dini kemungkinan terjadinya cedera pada atlet, sehingga atlet bisa diterapi secepat mungkin. Jadi saat bertanding kondisi kesehatan atlet bisa lebih baik. Paska MCU, beberapa atlet telah dilakukan tindak lanjut perawatan dan mendapatkan konsultasi dari dokter spesialis yang terkait.(Ratih Sayidun)