ISO 9001:2015 - QS 4955

RSON Mengadakan Pelatihan PPI

  • Jumat, 06 Oktober 2017

Rumah Sakit Olahraga Nasional (RSON) terus berbenah diri. Antara lain mengadakan berbagai pelatihan untuk meningkatkan kualitas SDM nya. Selain juga untuk memenuhi persyaratan akreditasi RSON. Antara lain pelatihan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI), untuk staf RSON, di Cibubur, selama 2 hari, Kamis (28/9) dan Jumat (29/9).

Plt Direktur RSON, dr. Erni Yustisiani, MHKes, saat membuka pelatihan tersebut mengatakan, dengan segala keterbatasan, kita mencoba berbenah diri lagi. Antara lain melaksanakan pelatihan PPI, yang sangat penting untuk rumah sakit. Karenanya, seluruh staf di rumah sakit ini perlu mempelajari segala hal tentang PPI. Tujuannya untuk keselamatan pasien. Hendaknya semua staf rumah sakit harus menjadi penggerak PPI. Mengingat tenaga medis kalau tidak sehat bisa menularkan infeksi penyakitnya ke pasien.

Pada pelatihan ini, Dr. S. H. Manullang, SpB., narasumber pelatihan ini, dari Himpunan Perawat Pengendali Infeksi (HIPPI) mengingatkan, rumah sakit didirikan untuk menyehatkan manusia. Dan profesi tenaga medis adalah pilihan hidup. Jadi sudah menjadi  tuntunan hati nurani untuk memelihara kesehatan manusia tanpa pamrih. Dalam benak tenaga medis adalah bagaimana menyelamatkan hidup manusia. Untuk bisa mencapai itu, maka perlu adanya pelatihan, antara lain pelatihan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI).

Dari segi keselamatan pasien, maka upaya pencegahan dan pengendalian infeksi merupakan hal terpenting. Karena rumah sakit adalah tempat kuman yang paling ganas. Kuman yang membahayakan atau merugikan kesehatan manusia adalah kuman yang berpindah tempat. Ini dasar dari pengetahuan pencegahan dan pengendalian infeksi.

Contohnya, harus ada kuman di dalam usus. Tanpa kuman di dalam usus, manusia tidak bisa bertahan hidup. Namun kuman itu harus tetap berada di dalam usus, jangan pindah ke luka. Bisa menimbulkan infeksi. Tangan juga yang paling sering memindahkan kuman ke pasien. Jadi basic nya jangan pindahkan kuman. Artinya harus rajin bersih-bersih misalnya mandi, untuk mencegah kuman agar tidak berkembang biak. (rth)