ISO 9001:2015 - QS 4955

RSON Menyelenggarakan Pelatihan Service Excellent

  • Rabu, 19 Juli 2017

Dalam rangka meningkatkan kualitas SDM dan pelayanan rumah sakit serta persiapan menjelang Asian Games 2018 di Jakarta, Rumah Sakit Olahraga Nasional (RSON) menyelenggarakan Pelatihan Budaya Pelayanan Prima (Service Excellent), di Jakarta, Rabu (19/7). Pelatihan ini dihadiri oleh sekitar 30 peserta termasuk Direktur RSON Dr.dr. Basuki Supartono, Sp.OT. FICS.MARS. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Kemenpora, Dr. Samsudin, M.Pd

Service Excellent adalah pelayanan yang sangat baik atau terbaik, yang sesuai atau melebihi harapan pelanggan berdasarkan standar pelayanan yang berlaku. Direktur RSON Dr.dr. Basuki Supartono, Sp.OT. FICS.MARS, mengatakan bahwa service excellent berperan penting untuk meningkatkan dan mempertahankan kualitas pelayanan di rumah sakit.

Dalam sambutannya, Dr.dr. Basuki Supartono, Sp.OT. FICS.MARS mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan publik RSON kepada atlet dan masyarakat umum. Pengetahuan mengenai Service Excellent diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang bermutu, aman dan nyaman serta dilakukan secara paripurna.

Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk membuka wawasan dan membangun motivasi serta komitmen dalam memberikan layanan prima bagi pasien yang berobat ke RSON. Tujuan lainnya untuk meningkatkan pengetahuan untuk mengenali kebutuhan konsumen serta mampu membina hubungan baik antara RSON dengan konsumen. Kegiatan ini juga untuk meningkatkan kompetensi staf RSON agar lebih mampu lagi memberikan pelayanan prima kepada pasien.

Penyelenggaraan pelatihan Service Excellent ini merupakan implementasi dari imbauan Kemenpora untuk mengadakan Pelatihan Budaya Pelayanan Prima. Imbauan tersebut merupakan tindak lanjut dari hasil Progress Report Verifikasi Lapangan Reformasi Birokrasi yang dilaksanakan oleh Kemenpan - RB.

Pada kesempatan itu, Lannasari, S.Kep,M.Kep dari Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS)  mengingatkan, setiap orang yang bekerja di rumah sakit harus memiliki sikap melayani. Pelayanan yang berorientasi pada pelanggan harus menjaga mutu pelayanan, sesuai kebutuhan dan harapan pelanggan. Pelayanan yang sesuai dengan standar membuat petugas medis dan non medis lebih aman dalam bekerja. Sedangkan Sekretaris Deputy Pelayanan Publik Kemenpan - RB,  Dwi Yoga menegaskan, bahwa semua kegiatan yang dilakukan di Rumah Sakit pada intinya adalah pelayanan publik. (rth)